Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Foto Seri (Proses Penampalan Ban)

Bagi para pengguna kendaraan bermotor pastinya pernah mengalami Pecah Ban sehingga ban tersebut perlu di ganti atau di tampal (tergantung dengan besar kecilnya titik pecah ban). Saat pecah ban kita pasti akan mencari bengkel untuk menampal ban tersebut. Dan berikut ini merupakan tahap-tahap dalam menampal ban yang bocor.

Gambar ini merupakan proses atau tahap awal dalam menampal ban, yaitu melepas ban dalam motor yang pecah dari dalam ban luar. Proses ini memerlukan kesabaran dan kehati-hatian. Apabila tidak hati-hati yentu dapat merusak pelek mototr tersebut. Alat yang di gunakan untuk mencongkel ban dalam ini juga harus di balut dengan kain, karena apabila tidak dibalut dengan kain dapat menggores pelek resing ban tersebut.



Foto ini diambil pada saat sang montir sedang memeriksa bagian ban dalam yang bocor. Ia mencari titik bocor dengan cara memompa ban dalam tersebut dengan angin terlebih dahulu, kemudian memasukkannya ke dalam ember yang berisi air sehingga akan terlihat gelembung udara apabila terdapat kebocoran pada ban yang terendam oleh air. Ini merupakan tahap kedua penampalan ban, yaitu mencari titik pecah/kebocoran pada ban dalam motor.



Foto ketiga ini merupakan tahap pembakaran ban yang ditampal. Sebelum proses ini, sang montir akan mengikis pinggir ban supaya sedikit tipis dan kemudian di tampal dengan timah dan potongan ban. Kemudian pada potongan tersebut akan di bakar dengan alat khusus pembakan ban supaya timah dan ban yang bocor dapat menempel dengan erat sehingga menutupi titik bocor pada ban. Proses pembakan ini memakan waktu kurang lebih 15 menit.



Setelah pembakaran selesai, ban akan di bersihkan dan dipasang pada roda motor. Gamabar ini diambil pada saat sang montir memasukkan ban dalam ke dalam ban luar. Proses ini sedikit memerlukan ksebaran karena proses memasukkn kembali ban tersebut agak susah. Montir harus berhati-hati dalam menggunakan alat untuk mencongkel pelek motor. Bila tidak hati-hati hal tersebut dapat menggores pelek tersebut.



Gambar ini merupakan gambar ban depan motor yang telah selesai di tampal dan siap untuk di pakai kembali.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar